^ Ke Atas
 
HEADLINE:
2021-07-17 18:35:25 - Bahaya Covid-19 <0> 2021-07-17 18:39:04 - DILEMA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DALAM MASA PANDEMI <0> 2021-07-17 18:34:04 - BELAJAR DI RUMAH <0> 2021-07-17 18:46:58 - PERSIAPAN PEMBELAJARAN DARING <0>
 

BERITA FOTO

2020-11-29 : IHT 2020

2020-11-29 : PEMBANGUNAN KANTIN SMANSI

Pembangunan kantin Sehat SMAN 1 Sindangbarang

Anda berada di: Depan > DATABASE > PERANCANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF OLEH ELIS SULASTRI SPD GURU BAHASA INGGRIS UMUM KELAS X DAN INGGRIS LM KELAS XII IPA TAHUN PELAJARAN 20202021
PERANCANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF Oleh ELIS SULASTRI, S,Pd (Guru Bahasa Inggris Umum Kelas X Dan Inggris LM Kelas XII IPA Tahun Pelajaran 2020/2021)
Diposting pada: 2020-11-27 12:54:22 | Hits : 1437 | Kategori: Pendidikan
 

Assalamualaikum Wr.Wb

Bapak/Ibu Guru SMAN 1 Sindangbarang yang berbahagia, izinkan saya memposting sedikit artikel saya.

MERANCANG PEMBELAJARAN INOVATIF

Rancangan pembelajaran inovatif dapat dimaknai sebagai aktivitas persiapan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan unsur-unsur pembelajaran terbaru di abad 21 dan terintegrasi dalam komponen maupun tahapan pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Unsur-unsur pembelajaran terbaru yang dimaksud, antara lain; TPACK (technological, pedagogical, content knowledge) sebagai kerangka dasar integrasi teknologi dalam proses pembelajaran, pembelajaran berbasis Neuroscience, pendekatan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics), dan unsur-unsur lain yang terintegrasi di dalam komponen dan tahapan pembelajarannya. Karakteristik rancangan pembelajaran inovatif ditandai dengan penerapan unsur-unsur baru pembelajaran abad 21, antara lain: kolaborasi peserta didik-guru, berorientasi pada HOTS, mengintegrasikan ICT, berorientasi pada keterampilan belajar, mengembangkan keterampilan Abad 21 (4C) dan 6 literasi, serta penguatan pendidikan karakter peserta didik. Karakter lainnya yaitu adanya penerapan konsep TPACK, Neuorscience, Model pembelajaran STEAM maupun Digital Learning.

MERANCANG PEMBELAJARAN STEAM

Rancangan pembelajaran STEAM yaitu segala kegiatan persiapan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan unsur-unsur pendekatan STEAM baik secara tertanam (embedded) maupun terpadu (integrated) dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Langkah-langkah menyusun RPP dengan pendekatan STEAM dapat dimulai dengan menyusun rumusan Tujuan Pembelajaran, mengeksplorasi Materi Pembelajaran, menentukan Model dan Metode Pembelajaran, dan menentukan Media, Alat dan Sumber Belajar, Menyusun Kegiatan Pembelajaran, menyusun Penilaian Pembelajaran, dan menyusun Kegiatan Tindak Lanjut.

MERANCANG PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, ketika hendak menyusun perencanaan pembelajaran inovatif “blended learning”, diantaranya yaitu; 1) menentukan model “blended learning” yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, fasilitas belajar, ketersediaan akses terhadap teknologi, durasi jam pelajaran, dan penguasaan aplikasi teknologi e-learning oleh guru; 2) menyusun rencana pembelajaran inovatif “blended learning” yang mencakup kegiatan: (a) menentukan tema pembelajaran, menuliskan kembali: identitas RPP, kompetensi inti, dan kompetensi dasar dari RPP konvensional ke dalam RPP “blended learning”; (b) menganalisis rumusan tujuan pembelajaran yang ada pada RPP konvensional sebelum dituangkan ke dalam RPP “blended learning”; (c) menentukan metode penilaian dan kegiatan pembelajaran “blended learning” untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan; (d) menganalisis kegiatan pelaksanaan pembelajaran pada RPP (konvensional) yang telah Anda buat sebelumnya dan menyusun Rencana Kegiatan Pembelajaran “Blended Learning”; serta 3) menyiapkan bahan, alat/media, dan sumber belajar tatap muka dan daring.

MERANCANG PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

PjBL merupakan pendekatan inovatif yang mengajarkan beragam strategi untuk mencapai kesuksesan abad 21. Pembelajaran berbasis proyek intinya meletakkan pebelajar sebagai subyek belajar yang aktif, mendorong munculnya inisiatif dan proses eksplorasi, memberikan kesempatan menerapkan apa yang dipelajari, kesempatan untuk mempresentasikan atau mengkomunikasikan dan mengevaluasi kinerjanya. PjBL menganut teori belajar konstruktivistik.

Demikiianlah sedikit saya sampaikan mengenai Perancangan Pembelajaran Inovatif, semoga bermanfaat. Wassalamuallaikum Wr.Wb.

Referensi:

Modul Perancangan Pembelajaran Inovatif (Modul Belajar Mandiri Bagi Program PPG Angkatan 2 Tahun 2020)

 

Posting Lainnya:

KOMENTAR

« Kembali

MUTIARA HADIST
Kewajiban Zakat Dan Puasa :
Ibnu Umar Ra. Berkata : Rosululloh Saw. Bersabda : Islam Didirikan Atas Lima Sendi : Menyaksikan Dan Percaya Bahwa Tiada Tuhan Kecuali Allah Dan Nabi Muhammad Utusan Allah, Dan Mendirikan Sholat Dan Mengeluarkan Zakat, Dan Haji Ke Baitullah, Dan Puasa Di Bulan Ramadhan